top of page
Search
  • Tepi Tupaidah

[KCCI] INDONESIA INTERNATIONAL BOOK FAIR 2023 GUEST OF HONOUR: KOREA

Pameran Literasi: Kemeriahan Korea sebagai Guest of Honour pada Indonesia International Book Fair 2023




Pada Indonesia International Book Fair 2023, Korea dihadirkan sebagai Guest of Honour dengan tema "Korea-Indonesia Forwards to New 50 Years". Acara ini merupakan pameran buku yang diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) dan akan berlangsung dari tanggal 27 September sampai 01 Oktober di ICE BSD City, Tangerang Selatan. Kemeriahan ini didukung oleh Korean Cultural Center Indonesia (KCCI), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmidrasi, serta BukuAku (online book portal). Dalam upaya mendukung dan memeriahkan IIBF 2023, KCCI memfasilitasi Korea Pavilion sebagai pusat informasi terhadap kebudayaan Korea. Di sini terdapat karya seni yang dipamerkan seperti; kaligrafi Korea, desain sampul buku terindah di Korea, dan ragam koleksi buku terkait Korea. Selain itu, terdapat aktivitas budaya Korea yang bisa dilakukan oleh pengunjung salah satunya Experience membuat kerajinan Korea dan mencoba permainan tradisional Korea.



Dalam pembukaan Indonesia International Book Fair 2023, Korea mempersembahkan penampilan Kaligrafi spesial dari penulis Kaligrafi Korea Kang Byung In. Pada penampilan ini penulis Kang Byung In menuliskan kalimat 얼씨구나 좋다, 한국 인도네시아 수교 50주년 yang artinya Hore, 50 tahun hubungan Diplomatik Korea-Indonesia.


Setelah sukses mempersembahkan penampilan kaligrafi korea, penulis Kang Byung In dihadirkan pada sesi acara Kelas Kaligrafi yang dilaksanakan di Main Stage IIBF. Selain itu, penulis Kang Byung In juga menampilkan pertunjukan Kaligrafi Korea di Korea Pavilion pada tanggal 30 September. Dalam penampilan tersebut, penulis Kang Byung In menuliskan beberapa kata dalam bahasa Korea salah satunya kata 책 (buku) dan 꽃 (bunga).






Selanjutnya, Penampilan spesial Pembacaan Puisi oleh Penyair Korea dan Indonesia yang persembahan dari Chae Insook, Nanden Lilis A, Willy Fahmy Agiska, Putu Fajar Arcana, dan Farra Yanuar. Adapun puisi yang ditampilkan diantaranya; Puisi Ode Musim oleh Nanden Lilis, Puisi Mencatat Demam oleh Willi Fahmi Agiska, Puisi Tubuh Perempuan oleh Farra Yanuar, Puisi Drupadi oleh Putu Fajar Arcana, dan Puisi Dataran Tinggi Dieng oleh Chae Insook.





Sebagai Guest of Honour IIBF 2023, Korea menghadirkan desainer buku asal Korea yaitu penulis Lee Ji seon pada sesi acara Seminar Desain Buku yang diselenggarakan di Main Stage IIBF. Selanjutnya, penulis Lee Ji Seon juga hadir dan mengisi acara pada Experience membuat Desain buku yang dilakukan di Korea Pavilion IIBF.





Upaya mendukung literasi Korea pada sesi acara bincang buku, Korea juga menghadirkan penulis novel Jeong Gyeong dalam Bincang Buku dan Jumpa Penggemar bersama Penulis Novel Why Secretary Kim, Jeong Gyeong Yun. disesi ini, penulis Jeong Gyeong Yun berbagi pengalaman mengenai proses penulisan novel Why Secretary Kim dan menceritakan konflik yang terdapat dalam novel tersebut mulai dari kehidupan perkantoran hingga romansa yang terjalin diantara sekretaris Kim dan CEO Lee Youngjun. Dipenghujung acara juga terdapat sesi tanya jawab bersama penggemar.


Sebagai salah satu acara yang dinantikan, sesi Tanda Tangan bersama Penulis Jeong Gyeong Yun dilaksanakan di Korea Pavilion. Acara ini terbatas sehingga penggemar yang hadir dipastikan telah mendapatkan konfirmasi undangan dari KCCI.






Acara pameran buku IIBF kali ini Korea menghadirkan penulis Webtoon Ryoung pada sesi Bincang Webtoon dan Jumpa Penggemar penulis Webtoon Killstagram, Beauty in a Click, dan Obsessive Idol. Dalam sesi ini Penulis Ryoung berbagi cerita mengenai karya webtoon miliknya, penulis Ryoung juga membuat ilustrasi karakter perempuan dengan tulisan 한국 X 인도네시아 수교 50주년!❤ yang artinya Perayaan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Korea dan Indonesia. Kemudian dilanjut dengan sesi tanya jawab bersama penggemar. Adapun sesi tanda tangan bersama penulis Ryoung dilaksanakan di Korea Pavilion dengan kuota undangan konfirmasi dari KCCI.





Dalam rangka merayakan Chuseok atau Festival Panen di Korea, KCCI mengundang masyarakat untuk merayakan Chuesok bersama di IIBF 2023 yang bertempat di Main stage dan Korea Pavilion. Rangkaian perayaan ini terdiri dari mengenal acara Chuseok di Korea, pengalaman menggunakan Hanbok, bermain permainan tradisional Korea dan mencoba makanan tradisional Korea Songpyeon.





Aktivitas budaya di Korea Pavilion tersedia gratis dan terbuka untuk umum, adapun kegiatan yang bisa dilakukan seperti Experience membuat PIN, pembatas buku, mendesain buku komik, DIY peta Korea dan mencoba permainan tradisional Korea seperti Tuho, Jaegichagi, paengi, Gonggi, dan Yutnori.



------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Informasi Client:

Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) merupakan organisasi pemerintah Korea dibawah Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata (MCST) yang fokus menjembatani antara budaya Korea dan indonesia dengan upaya mempromosikan ragam kebudayaan Korea serta giat menjalin kerjasama dalam pertukaran budaya Korea dan Indonesia.


Comments


bottom of page